Pengertian Serat / Fiber

Pada umumnya fabric (kain) terbuat dari serat/ fiber atau campuran fiber sampai menjadi produk akhir yang siap diproses ke garmen dan industri lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, apa pengertian serat / fiber?

Pengertian Serat / Fiber adalah

Pengertian Serat / Fiber

Serat adalah benda yang memiliki karakteristik panjangnya paling tidak seratus kali dari diameternya dengan permukaan yang memungkinkan terjadinya kohesi diantaranya sehingga dapat dibuat menjadi benang yang kemudian dibuat menjadi fabric.

Serat (Inggris: fiber) adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Contoh serat yang paling sering dijumpai adalah serat pada kain. Material ini sangat penting dalam ilmu Biologi baik hewan maupun tumbuhan sebagai pengikat dalam tubuh. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal: untuk membuat tali, kain, atau kertas. Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu serat alami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat sintetis dapat diproduksi secara murah dalam jumlah yang besar. Namun demikian, serat alami memiliki berbagai kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan. Wikipedia

Jenis Serat

Sesuai asal-usulnya jenis serat terdiri dari  3 macam yaitu : serat alam (natural), serat synthetic (buatan) dan serat semi synthetic (regenerated).

Contoh dan sifat-sifat serat akan dijelaskan berikutnya di jualbenang.com.

Itulah pengertian Serat / Fiber agar kita lebih paham asal muasal fabric / kain.